Cara mengatasi karbu ngembun/nyendat

*BAHAN BAKAR BERCAMPUR OLI/AIR *
Jika oli masuk ke karburator/saringan udara biasanya setelan katup terlalu renggang,ring piston aus,atau ukuran oli terlalu banyak,sehingga oli naik ke karburator
Jika tengki bahan bakar tercampur air/minyak maka pembakaran pada selinder tidak akan sempurna,air akan masuk ke karburator secara langsung.Untuk mengatasinya kuras bensin pada karburator dengan cara mengendorkan baud penguras pada karburator,setelah itu tutup kembali seperti semula.Jika belum ada perubahan,bongkar kembali karburator dan cek isi tengki.
*CHOKE PADA KARBU TERTUTUP*
Jika anda lupa menutup chok,maka cek dan harus pasti posisi tertutup karna kalau chok tertutup pada waktu ngegas motor terasa ngeberebet hal ini akibat dari karburator kekurangan udara,sehingga pencampuran bahan bakar tidak sempurna.
BAHAN BAKAR BANJIR
Kejadian seperti ini biasanya karburator banjir,yang berakibat motor berebet dan menjadi mogok.
Koarburator bisa banjir kenapa?karena pada karburator terdapat pelampung dan needle valve,kedua komponen ini yang mengatur masuk dan berhentinya bahan bakar ke karburator,jika komponen tersebut rusak maka bensin/bahan bakar akan mengalir terus ke kerburator,sehingga karburator menjadi banjir.
Selain dari itu juga setelan yang tidak pas pada bahan bakar akan berakibat motor berebet.
Jika anda lupa menutup chok,maka cek dan harus pasti posisi tertutup karna kalau chok tertutup pada waktu ngegas motor terasa ngeberebet hal ini akibat dari karburator kekurangan udara,sehingga pencampuran bahan bakar tidak sempurna.
BAHAN BAKAR BANJIR
Kejadian seperti ini biasanya karburator banjir,yang berakibat motor berebet dan menjadi mogok.
Koarburator bisa banjir kenapa?karena pada karburator terdapat pelampung dan needle valve,kedua komponen ini yang mengatur masuk dan berhentinya bahan bakar ke karburator,jika komponen tersebut rusak maka bensin/bahan bakar akan mengalir terus ke kerburator,sehingga karburator menjadi banjir.
Selain dari itu juga setelan yang tidak pas pada bahan bakar akan berakibat motor berebet.
berikut informasi yg saya dapat,semoga bermanfaat . . .
kalau karburator supra X 100 cc keluar titik titik air embun di permukaan luar dekat sekrup setelan angin dan sekrup stasioner sehingga tenaga motor jadi memble ketika motor dipakai di udara dingin (pagi hari dan sore hari).... itu kenapa ya dan gimana solusinya biar gak ngembun..... Karburator nya bawaan pabrik merk Keihin.... apa musti ganti karbu yg baru..??
BalasHapussama om punya saya jg gtu malah motor nggak bisa hidup
HapusBetul 2 om,,mot mo saya juga berembun
HapusPunyaku juga ngembun...dah aku setel ga berhasi juga
HapusBiasanya gejala berembun di sisi luar karburator di akibatkan karena komposisi udara dan bensin belum sempurna. Kebanyakan bensin daripada udara yg di hisap karburator.
BalasHapusSolusinya gmn mnas....
Hapuskenapa karburator gilaran di pasang filter jdi berebun dan berebet gilaran dilepas filter tidak apa sebab.y gan
BalasHapusKazeR saya luar karburator berembun
BalasHapusKalo karbu rx king dingin knp mas
BalasHapusTanya ukuran MJ rx king berapa ya ? Dan kenapa di lubang skep ada Air
BalasHapusP
BalasHapusBang kalau karbu Supra x lama nya berkeringat apa masalah nya bang tolong kasih tau
BalasHapuskok gak ada jawaban yg memuaskan ya
BalasHapusbg kabu kereta saya minyaknya nembak2 ke saringan hawa , gas gk normal knp mas
BalasHapusMotor satria f saya pakai pe28,tapi selalu mbrebet trus di saat 5 menit di pakai berjalan,padahal pilot n main jetnya sudah saya ganti pakai gl100
BalasHapusMohon solusinya gan,supaya pakai pe28 bisa stabil n jos
Klo rx king kenapa yah karbu nya berembun...pengapian bgus namun mati matian terus...dan sering mogok..
BalasHapusApa berpengaruh dengan bahan bakar...
BalasHapusMisaly broos gtuu...?
Boros...brebet.
BalasHapus